Rabu, 08 Oktober 2014

Ide Kecil Untuk PLN Lebih Maju




Perusahaan Listrik Negara atau yang sering kita panggil PLN adalah BUMN yang bertugas khusus mengurusi segala aspek kelistrikan di Indonesia. PLN merupakan badan yang sangat penting di Indonesia. Mengapa begitu? Karena jika PLN tidak ada, maka tidak akan ada listrik di Indonesia. Jadi, bisa di bayangkan jika di Indonesia tidak ada listrik yang notabene menjadi pusat atau inti segala kegiatan di era globalisasi ini.







BUMN yang di dirikan sejak tanggal 27 Oktober 1945 inilah yang menjadi tulang punggung Indonesia untuk melayani masyarakat dalam hal kelistrikan. Maka sejumlah program pun dibuat PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mulai dari PLN Peduli hingga PLN Bersih. Tujuan program tersebut adalah tidak lain untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Indonesia.





Akan tetapi banyak penyimpangan yang terjadi dalam program program tersebut, dan pelaksanaannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, seperti masih ada beberapa oknum PLN yang meminta kutipan dan  masih banyak penipuan penipuan yang mengatasnamakan PLN. Namun, tidak ada perhatian khusus terhadap kasus tersebut, yang ada hanyalah slogan yang hanya di jadikan sebagai "pemanis".




Ide Kecil Untuk PLN Lebih Maju




Bukan hanya itu saja, kinerja PLN belakangan ini juga sangat disorot akibat pelayanan yang kurang memuaskan. Baru baru ini PLN baru saja menaikkan tarif bayaran listrik, akan tetapi kenaikan tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan pelayanan. Belakangan ini listrik sering padam antara 1-3 Jam/hari, hal ini yang membuat masyarakat kecewa terhadap PLN. Jika tarif listrik naik, seharusnya di sesuaikan dengan peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat. Memang pemadaman tersebut mempunyai alasan yaitu  defisit daya, tetapi seharusnya waktu pemadaman jangan sampai 3 jam karena mengganggu aktivitas masyarakat.





Ide Kecil Untuk PLN Lebih Maju




Selain mengganggu, pemadaman pemadaman tersbut juga mengakibatkan banyak kerugian, seperti kasus kebakaran yang sudah banyak terjadi. Kasus kasus tersebut banyak yang di latar belakangi karena hubungan arus pendek yang terjadi setelah pemadaman listrik. Bahkan lebih parahnya, tidak sedikit kasus kasus tersebut ada yang merenggut korban jiwa.



Itulah sekumpulan Ideku untuk PLN, Dalam menyambut hari listrik nasional ke-69 ini, semoga ke depannya PLN bisa berbenah dan memberikan perhatian khusus terhadap masalah masalah tersebut untuk membuat PLN lebih maju. PLN juga seharusnya bisa lebih dekat dengan masyarakat, dengan cara melakukan event-event.



Selain itu, dalam sosialisasi program baru, PLN juga harus sering melakukan sosialisasi di media sosial dan blog, dimana media sosial dan blog sering di gunakan kaum muda di zaman sekarang. Jadi, program baru tersebut bisa cepat tersebar agar dapat meminimalisir adanya oknum oknum nakal yang mencoba "bermain" dalam program tersebut.





Sekian artikel dari saya, harapan saya PLN bisa lebih mendengar keluhan-keluhan dari masyarajat dan melayani masyarakat dengan baik agar masyarakat pun puas dengan pelayanan yang di berikan PLN, dan juga dalam program programnya harus ada pengawasan yang lebih agar programnya berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan.

























Artikel ini di ikut sertakan dalam Lomba blog yang bertemakan :

Ideku untuk PLN